Pages

Kembali ke Blogger!

Berawal dari ketidakpuasan saya tentang munculnya iklan pada layanan Wordpress.com, maka kemudian saya mencari alternatif layanan blog yang gratis tapi tetap tidak menampilkan iklan. Sebenarnya kalau saya boleh mau jujur, untuk sebuah blog Wordpress merupakan CMS yang sangat menyenangkan. Namun munculnya iklan pada Wordpress.com? Saya kurang menyukainya.

Untuk instalasi Wordpress pribadi di hosting yang berbayar? Hm.. saya paling malas dengan sesuatu yang berbayar apalagi hanya untuk sebuah blog dengan celoteh yang tidak penting seperti ini. Kalau hosting gratisan? Takut datanya hilang. Akhirnya saya putuskan untuk mencari alternatif layanan blog yang gratis selain Wordpress.com.

Pilihan saya akhirnya kembali ke Blogger.com lagi. Eits tunggu dulu "Lagi"? Maksudnya?

Yup! Sebenarnya saya pertama kali ngeblog menggunakan layanan Blogger.com. Dengan alamat http://purwanindita.blogspot.com. Namun rasa tidak puas dengan layanan Blogger.com waktu itu akhirnya saya pindah ke Blogsome.com sebuah layanan blog gratis asal Irlandia masih saudara dengan Blogs.ie, dimana saya bebas mengutak atik templatenya. Dari sini lah saya banyak belajar tentang tag html dan css.

Sayangnya Blogsome.com tidak menjamin akan keselamatan data penggunanya. Sewaktu-waktu layanan ini bisa ditutup. Yah apa mau dikata, gratisan juga kok hehehehe.

Tentunya membuat saya harus rajin-rajin untuk melakukan back-up data. Sayangnya lagi, ekspor dan impor posting dengan Blogsome.com agak njelimet, apalagi Wordpress.com sekarang tidak ada dukungan ekspor impor posting dari file rss.

Beberapa waktu lalu Blogsome.com menutup layanan pembuatan akun baru (blog) yang tidak tahu entah sampai kapan. Karena ketakutan akan kehilangan data. Akhirnya saya mulai berpindah ke Wordpress.com dengan memakai alamat http://purwanindita.wordpress.com.

Ngeblog di Wordpress.com cukup lama, sampai akhirnya muncul iklan-iklan yang ga jelas itu. Memang sih tidak terlalu mengganggu, apalagi munculnya cuma sesekali tempo. Cuma tetap saja saya ndak suka itu. :)

Bermula dari mengetahui ternyata bisa pindah postingan dari Wordpress.com ke Blogger.com dengan menggunakan layanan http://wordpress2blogger.appspot.com, akhirnya saya iseng-iseng back up postingan dari Wordpress.com ke Blogger.com. Ternyata mudah. Tidak terlalu sulit. Semua postingan saya bisa saya upload ke blogger dengan selamat tidak kurang suatu apapun lengkap dengan komentar-komentar di tiap postingannya. Kategori posting pada Wordpress.com sekarang diterjemahkan sebagai Label di Blogger.com.

Setelah saya ekspor ke Blogger.com, kemudian saya eksplor fasilitas-fasilitas Blogger.com satu persatu ternyata, blogger.com sudah berbeda dengan blogger.com yang pernah saya tinggalkan waktu dulu:

Pertama, Blogger sudah ada fasilitas "read more" seperti halnya di Wordpress.com. Ini yang pertama saya perhatikan, karena "read more" pada postingan Wordpress.com yang saya ekspor ke Blogger.com ternyata bisa berfungsi juga. Iseng-iseng saya lihat edit htmlnya, ternyata blogger menerjemahkan tag sebagai "read more" sebagaimana di wordpress. Jadi nanti kalau saya mau membuat "read more" tinggal masuk ke menu edit htmlnya dan ketik saja tag dibagian yang akan kita putus :)

Kedua, Malas mengetikkan tag ? Tidak familiar dengan tag-tag HTML? Tenang saja Blogger.com sudah ada fasilitas edit posting yang baru. Tidak perlu mengetik, tinggal "klik" saja. Yang jelas sama-sama WYSIWIG. Cara mengaktifkannya dengan masuk pengaturan lalu ke bagian editor entri pilih editor yang telah diperbaharui.

Ketiga, Masalah template? Hohoho rupanya Blogger.com seperti halnya Google.com, tidak pernah behenti berinovasi. Masuk saja ke menu rancangan kemudian masuk ke bagian perancang template yang baru. Wew... disana kita bisa melakukan kustomisasi template blog ini sendiri. Bisa pilih template yang tersedia atau melakukan kustomisasi sendiri dengan ratusan bahkan mungkin ribuan macam kombinasi. Sekali lagi saya katakan ini benar-benar baru, berbeda dengan Blogger.com yang dulu saya kenal. Its Fun! template yang tersedia juga bagus-bagus kok. Lebih lengkap baca artikel ini: Blogger Template Designer Now Available

Btw, sebenarnya untuk masalah template Blogger.com, tidak perlu khawatir, di sana, di pelosok belantara Google kita dapat menemukan situs-situs yang menyediakan template Blogger.com yang bebas di download sesukanya, sebagaimana themes Wordpress :)

Keempat, Komentar? Sekarang semua orang bisa berkomentar di Blogger.com dengan mudahnya seperti di Wordpress.com. Mau tau lebih jauh silahkan saja eksplor di menu pengaturan, lalu masuk ke bagian komentar.

Kelima, Blogger.com juga mendukung Halaman (Pages) seperti Wordpress.com Tidak usah berpanjang lebar silahkan klik About untuk contohnya :) . Agar lebih jelas baca artikel ini aja: What Are Pages?

Akhirnya sampai disini dulu sekilas review saya tentang layanan Blogger.com. Mau tau lebih banyak? Silahkan saja buat blog di Blogger.com dan lakukan eksplorasi di setiap menu-menunya.

Sebenarnya saya cenderung lebih cocok ke Blogsome.com atau dengan Wordpress.com (jika tanpa iklan-iklan) itu. Apalagi Wordpress.com lengkap dengan segudang themes yang cantik dan fasilitas posting yang lengkap. Namun untuk sebuah blog yang sederhana seperti ini, saya rasa Blogger.com sudah lebih cukup.